PANGRUPUKAN





karena saya adalah penulis yang sangat sibuk *sibuk syuting, meeting, manting, benerin genting, nyungkling* jadilah baru kali ini bisa posting tentang gimana hari raya nyepi ntu berlangsung... *tet teret teret…*

Yang namanya mau nyepi pasti temen2 pada sibuk sms ma buat ngucapin met nyepi, sebagian besar ada yang serius banget pake bahasa bali, jawa kuno ampe sansekerta *ga juga ding, 2 yang trakhir boong, he…* Tapi beberapa diantaranya ada yang kreatip, ini dia…

Nyepi means
No fire
No lighting
No working
Nd
No ngos jumah *artinya diem di rumah*

Nyepi artinya
Amati geni
Amati lelungan
Amati lelanguan
Nd
Amati keadaan sekitar, kalo ada yang melanggar segera lapor pecalang

Nah, ma sbagai orang kreatiph gamaw kalah dunx, ma jawab ajah kaya gini...

1. Guyz, menyambut hari raya nyepi fren ngasi promo gratis nelpon loh! Caranya gampang! Tinggal bilang...

Fren, fren, pinjem hapenya dunx...
Anda dapat langsung menggunakannya!

2. Met nyepi juga temen2, pasti kalian sibuk ya nyari tempat ngungsi, tar sore khan bakalan diusir, ganbatte yax!
*entah bagaimana tampang temen2 ma yang baca sms ma*

Oya, ada juga sms salah paham antara ma nd ayuwx sehari sebelum pangrupukan...
Ma keyenz: yuwx, kpn u ngmbl cd u?
Ayuwx jeyex: bzo deh, sxan nonton
Ma keyenz: t4 cd ma lg rsk yuwx, ga bs nonton film, kl ma dyajaqn nonton ogoh2 baru mw
Ayux jeyex: ya tudah, nonton ogoh2
*ma ga ngerti napa ma bisa kepikiran diajakin nonton cd yax?!*

Yang mau ma bahas postingan kali ini tentang hari pangrupukan, hari pangrupukan ntu bukan hari buat jualan krupuk tapi hari buat jualan es cendol *oalagh…* okeh, jadi gini, pangrupukan ntu satu hari sebelum nyepi yang dirayain umat hindu buat menetralkan para bhuta kala *bhuta kala itu semacam energi negarif di sekitar kita* Perayaan dilakukan di rumah masing2 dengan menghaturkan sesajen, sembahyang nd yang paling unik kita mesti keliling rumah ngebawa beberapa perlengkapan kaya tirta, api nd alat2 dapur yang kalo dipukul bisa nimbulin suara keras *kalo ma si pake sendok nd tutup panci* Nanti seraya keliling rumah kita pake alat2 itu buat simbolis ngusir bhuta kala nd kadang2 kita juga mesti ngomong “megedi kala kelod kauh laku” which is mean “pergilah bhuta kala”, oya bagian kelod kauh ga ma terjemahin cuz tar terjemahannya jadi aneh *he…* Nah, dari upacara ini yang paling seru ntu pas mukulin alat2 dapur ntu biar bunyinya keras, saingan heboh-hebohan sama tetangga *hohohoh* biasanya sih anak kecil yang ngurus bagian yang ini tapi ampe ma segede sekarang teteuph ajah ma ga nae pangkat *hoh… teteuph ajah megang bagian alat ini*

Hal yang paling seru di pangrupukan itu adalah nonton ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh ntu simbolis bhuta kala yang diarak keliling terus dibawa ke sema *kuburan, red* buat dibakar. Pada beberapa daerah ada juga ogoh-ogoh yang dilombain,tapi di daerah ma, gianyar rock city, ogoh-ogoh ga dilombain. Karena waktu itu ayuwx ngajakin nonton so kita pun pergi ke taman buat nongkrongin ogoh-ogoh. Kebeneran di daerah ma kayanya ogoh-ogohnya kurang lucu, kayanya masih kalah sama ogoh-ogoh di denpasar yang pake upin-ipin *duh, lutuna* tapi biar ogoh-ogohnya kurang lutu, untungnya ma nonton sama ayuwx so kita bikin kehebohan ndiri *hax2! Kasian amat* Oya, ma lupa ngenalin, ayuwx ini temen ma dari waktu kecil, sd nd smp kita kepisah terus sma nyatu lagi nd tiba2 ketemu dalam keadaan sudah sama2 sakit jiwa, jadilah kita mengenang saat2 sakit jiwa terdahulu dan keadaan sakit jiwa yang belum sembuh ampe karang. Ayuwx yang sakit jiwa ini akhirnya diterima bersekolah di kebidanan. Ini keajaiban alam. Aku mempercayainya. Inilah percakapan dua sahabat yang waktu sma begitu bejat dan sekarang belum juga tobat...


BIDAN EDAN VS DOKTERNGESOT
ma keyenz: yuwx, brarti bentar lagi u tamat dunx, enak bentar lagi kerja, inget traktir...
ayuwx jeyex: mau ditraktir apa ma? Jus amnion? Sate lilit plasenta? *hax2!*
Ma keyenz : okeh, kalo ntar ma yang kerja ma traktir gastric juice, pancreatic juice nd sate kadaver *sama2 sakit jiwa*

INDONESIA MENCARI BAKAT
Ma keyenz : yuwx, kalo ma ikut indonesia mencari bakat, ma bakalan ngelempar bom di depan panggung terus kalo ditanya bakatnya ngapaen, ma bilang bakat jadi teroris, hehe…
Ayuwx jeyex : kalo waktu ni aku sempet ceting sama sepran, beda lagi…
Ma keyenz : mank napa?
Ayuwx jeyex : waktu aku tanya pas ceting dia lagi ngapaen, dia jawab lagi manting, trus aku tanya gimana caranya ceting sambil manting… *manting=nyuci baju*
Ma keyenz : trus dia bilang apa ?
Ayuwx jeyex: katanya tangannya dipake ceting, kakinya dipake manting, yawdah, aku suruh aja ikut indonesia mencari bakat, bakat ceting sambil manting... *hax2!*

APAKAH OGOH2 UDAH LESE?
Ma keyenz: yuwx, masih ga si ogoh2nya? Ko jaraknya jauh banget, susah bedain lampu obor sama lampu motor...
Ayuwx jeyex: gataw ma, ga keliatan, tapi kayanya si masih...
Ma keyenz: gimana kalo kita lempar bom ajah ke situ, kalo banyak yang tereak brarti rombongan ogoh2nya masih...
Ayuwx jeyex: cling! *tatapan sinis*

BANJAR MANA
Ma keyenz: yuwx, banjar candibaru kita mana ogoh-ogohnya yax?
Ayuwx jeyex: gataw ma, kayanya uda lewat
Ma keyenz: tyuz yang ni punya banjar mana?
Ayuwx jeyex: mungkin banjar pakandelan, banjar teges, banjar bla666 *nyebutin semua banjar atu2*
Ma keyenz: kalo banjar lampung ga ada yuwx?
Ayuwx jeyex: ziiiiiiink *membatu*

Akhirnya setelah puas nonton plus nyeletuk2 kita mutusin buat pulang. Well, hari pangrupukan ntu identik juga dengan kembang api nd mercon loh! Soalnya besok pas nyepi kita ga boleh ngidupin api. Nah, buat cewe2 cantik kaya kita, jalan pulang bisa jadi jalan yang berbahaya alna di jalanan banyak orang yang ngidupin mercon. Ampe akhirnya pas ada yang uda nyalain mercon, ayuwx ngendarain motor pelan2 nd setelah lewat tempat itu kita menghembuskan napas barengan tapi tanda diduga, pas kita udah ga waspada tiba2 ajah tu mercon bunyi nd kita otomatis tereak, nd orang2 yang ngidupin mercon ntu spontan ketawa puas. Kucrut banget tu orang *hoh...*

Tapi yasudahlah kita tutup postingan kali ini dengan foto kita berdua



Iblis dan malaikat
Shiro nd himawari
Sekian dan terima kasih
*ga nyambung gituloh...*
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to "PANGRUPUKAN"

  1. ANDROMEDA Says:
    21 Maret 2010 19.52

    halah...foto gratisan aja dipasang,wkwkwkwkwkwkw

  2. ciptanirmala says:
    31 Maret 2010 21.03

    halagh... daripada u... kalo ke mall pasti gada yang nawarin fotoan, ho2!

Poskan Komentar

blog ini memiliki kutukan, jika anda tidak memberikan komentar setelah membaca blog ini, maka anda akan mengalami sembelit 7 turunan... makanya komen yax! *fufufu... tertawa licik*