PSIKIATRI: KETIKA MAHASISWA SAKIT JIWA BELAJAR KEJIWAAN




Hola-hola!!! Ketemu lagi bersama dokterngesot di rubrik medical art. Kali ini yang dibahas dokterngesot adalah tentang psikiatri. Meski Cuma dapet nilai 77 plus remed di ujian osce *huwoh...* dokterngesot akan tetap memberikan informasi yang terdepan dan menyesatkan *hax2!* Sebelumnya, perlu diketahui dokterngesot membuat ni postingan sebulan setelah blok behaviour, so kalo informasinya kurang lengkap nd rada loncat2 harap dimaklumi *jangankan sebulan, keluar ruang kuliah ajah udah lupa apa yang diajarin, he2! Maklum, otak Cuma sejempol kaki, he...* Tapi, jangan kabur dulu ceman-ceman, mari kita baca bersama-sama, ni penting loh buat pembaca setia blog himangel lawliet yang pastinya sakit jiwa semua *hoho...*

PSIKOLOGI VS PSIKIATRI

Kasus dalam psikologi ditangani oleh seorang psikolog nd Cuma berupa konsultasi [psikososial], sedangkan kasus psikiatri ditangani oleh psikiater dan penanganannya tidak hanya berupa konsultasi, tapi juga dikasi obat [biopsikososial]

GANGGUAN KEPRIBADIAN

1. Digolongkan menjadi 3 tipe:
-tipe a: berpenampilan eksentrik, seperti pada orang skizoid
-tipe b: suka mencari perhatian dari orang di sekitarnya, seperti pada orang histirionik dan narsistik
-tipe c: pada orang yang mengalami obsesif-kompulsif

2. nah, kalo seandainya kalian pernah ngelihat orang dewasa yang cenderung tertutup, ga peduli sama penampilan nd mirip kaya orang autis, kemungkinan orang tersebut menderita gangguan kepribadian skizoid, nama lainnya autistik pada masa dewasa.

3. orang yang histirionik cenderung mencari perhatian orang di sekitarnya, misalnya orang yang pura-pura kesurupan.

4. percaya ga kalo narsistik tu juga salah satu gangguan kepribadian loh! Ada beberapa kriteria yang digunakan, misalnya: suka menganggap diri superior, enggan bersimpati terhadap orang lain dan tidak mau ada orang yang mengungguli dirinya. Tapi kalo kalian Cuma narsis2an pas fotoan ya belom termasuk gangguan narsistik, karena setiap gangguan kepribadian tu ada kriterianya.

5. orang yang menderita obsesif-kompulsif cenderung terobsesi pada sesuatu yang sebenernya ga penting secara berulang dan penderita menyadari hal tersebut mengganggu pikirannya. Kasus ini pernah dibahas di oprah loh! Ada yang setiap habis jabat tangan tersobsesi buat nyuci tangannya terus, penderita takut banget tangannya terkena kuman dan hal itu dilakukan berulang-ulang. Biasanya, penderita obsesif-kompulsif cocok bekerja sebagai petugas kebersihan.

CULTURE BOUND SYNDROME

Penyakit yang disebutin di sini Cuma terdapat di beberapa daerah ajah so namanya pun terkait sama daerah tersebut.

1. bebayinan: of course ini terdapat di bali. Bisa dibilang ini adalah semacam keadaan trans atau kesurupan.

2. amok: orang yang mengalami amok tiba2 akan mengambil senjata untuk menghabisi orang yang berada di sekitarnya dan dia tidak akan menyadari perbuatannya itu.

3. kuru: ini lucu nih, cuz cowok yang mengalami kuru dikira tititnya seolah menyusut *hax2!* awalnya terjadi ketika ibu2 melihat titit anaknya seolah menyusut setelah mandi di sungai. Padahal, kalo lagi kedinginan yang namanya testis khan bisa “mengkerut”, dalam hal ini otot cremaster testis akan berkontraksi sehingga testis yang berada dalam suasana dingin akan mendekati abdomen/perut yang bersuhu lebih hangat.

GANGGUAN TIDUR

1. insomnia: uda familiar dunx insomnia tu susah tidur. Well, sebagai tambahan info, kalo kalian susah memulai tidur itu mengindikasikan insomnia karena depresi. Kalo kalian susah mempertahankan tidur [misalnya tengah malem pengen pipis trus ga bisa bobo lagi] hal itu mengindikasikan insomnia karena cemas.

2. hipersomnia : penderita mengalami tidur yang berlebihan dan hal ini mengganggu penderitanya. Kalau seandainya kelebihan tidur karena memang diinginkan, karena kelelahan dan karena dysmenorrhea [nyeri haid] hal tersebut tidak termasuk hipersomnia.

3. narcolepsy: penderita tiba2 tertidur tanpa diinginkan, bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Hal ini sangat berbahaya jika seandainya penderita sedang mengendarai kendaraan dan tiba2 tertidur. Well, pernah baca komik hockey club? Tokoh utama yang cewek kayanya mengalami narcolepsy loh!

4. somnabulisme: nama keyenz dari tidur berjalan. Penderita tidak menyadari dia berjalan saat tertidur, tapi penderita bisa mengetahui letak pintu atau tembok karena alam bawah sadarnya yang bekerja.

GANGGUAN DISOSIASI

Disosiasi itu bisa dibilang semacam pemecahan kepribadian dan ada beberapa klasifikasi lagi *ini topik yang paling ma suka loh!*

1. amnesia disosiatif: biasanya terjadi pada orang yang mengalami tekanan atau stres terhadap suatu keadaan sebelum akhirnya mengalami kecelakaan. Penderita bisa mengalami amnesia total dan bisa juga mengalami amnesia selektif. Di film bbf, jun pyo yang Cuma ngelupaen pacarnya tergolong amnesia selektif. Di winter in tokyo juga ada tokoh yang mengalami amnesia selektif.

2. fugue disosiatif: terjadi pada orang yang mengalami tekanan atau stres lalu melakukan perjalanan tanpa menyadarinya. Sepanjang perjalanan hanya alam bawah sadarnya yang bekerja. Ketika tersadar, penderita sudah berada di tempat laen.

3. Trance: keadaan yang mirip kesurupan, terjadi dalam waktu yang singkat dan bukan terjadi dalam situasi yang diinginkan. Jika seandainya dalam ritual agama tertentu diciptakan suasana yang mistik atau sengaja menciptakan keadaan agar seseorang bisa kesurupan, hal tersebut tidak termasuk dalam trance.
4. kepribadian ganda: paling sering terjadi pada orang yang pernah mengalami sexual abuse pada masa kecilnya. Penderita mengalami semacam ”kehilangan waktu” karena terdapat dua kepribadian dalam satu tubuh. Masing-masing kepribadian bisa saling mengetahui atau malah tidak menyadari kepribadian yang lain. Saat muncul sebagai ”kepribadian A” penderita tidak akan menyadari apa yang telah dilakukan ”kepribadian B”. Nah, di komik2 sering loh ada tokoh yang berkepribadian ganda *tapi ma lupa judulnya, hix...* ada tuh di dragon ball, cewek berambut pirang yang tiap bersin berubah kepribadian, siapa namanya yax? *lupa-lupa ga ingat*

5. kepribadian multipel: nah, kalo kepribadian ganda udah biasa muncul di komik, sekarang percaya ga kalo kepribadian multipel itu ada? Saatnya novel berbicara. Ada novel yang diangkat dari kisah nyata tentang kepribadian multipel, misalnya three faces of sybill, 24 wajah billy nd pertarungan jiwa billy [sekuelnya]. Kalo three faces of sybill ma lom pernah baca so ga bisa kasi info. Kalo 24 wajah billy nd sekuelnya ma dah baca nd gilaaaaaa!!! Dalam satu tubuh terdapat 24 kepribadian! Sebenernya ceritanya rada mengharukan juga si, cuz si billy ga pernah nyadar dia pernah merkosa nd ngerampok, si billy dijebloskan ke penjara nd didiagnosa skizofrenia, padahal obat2an untuk skizofrenia bisa memperparah kepribadian multiplenya loh! Yang mengharukan lagi, ayah kandung billy mati bunuh diri nd ayah tirinya melakukan child abuse nd sexual abuse, hal itulah yang bikin billy berkepribadian multiple.
6. depersonalisasi: penderita sering merasa tidak seimbang dalam berjalan sehingga sering terjatuh, penderita akan merasakan tubuhnya seperti terpisah, dan seolah dia bisa menyaksikan tubuhnya dari tempat lain. pernah baca novel tentang charlie si genius dungu? Kayanya si tokoh mengalami depersonalisasi yax?!

PENYIMPANGAN SEXUAL [PARAPHILIA]

Well, topik ini lumayan ma senengin juga cuz banyak kasus yang sering kita lihat di tipi2. oya, fyi, homosexual uda ga dimasukin dalam penyimpangan sexual loh! Yang ma sebutin di bawah ini yang termasuk...

1. pedophilia: uda familiar dunx sama istilah ini. Kadang, kalo di komik disebut lolita complex kali yax. Sebagai tambahan info, orang yang menjadi korban berumur di bawah 13 tahun dan pelaku lebih tua 5 tahun atau lebih dari si korban. Pelaku biasanya memiliki latar belakang pernah menjadi korban pedophlia atau mendapat penghinaan dari partner sexual yang sebaya so dia mencari pelarian ke anak2 deh. Pelaku yang termasuk dalam kelas ekonomi tinggi biasanya akan membangun taman bermain di rumahnya dan tinggal di pedesaan dimana masyarakatnya belum teredukasi dengan baik. Pelaku akan mengajak anak2 di desanya untuk bermain di taman bermain dan minta ditemani tidur atau diajak traveling biar tu anak2 seneng. Kalo uda pendekatannya sukses baru deyh ”misi” yang sesungguhnya dimulai.

2. exhibisionis: ini nih yang paling ditakutin cewek kali yax. Nah kalian pasti pernah ngalamin dunx kalo ada cowok yang tiba2 ngeliatin tititnya ke kalian?! *syukurnya saya belum si, hoho* kalo ada yang kaya gitu itu namanya exhibisionis, alias suka mempertontonkan kemaluannya nd ngerasa puas kalo yang diliatin jerit2 atau ketakutan.

3. voyeurisme: ini adalah bahasa keren dari mengintip. Penderita mengalami kenikmatan sexual saat mengintip lawan jenisnya telanjang. Kenikmatan sexual hanya dia dapatkan saat mengintip.

4. fetihisme: penderita mengalami kenikmatan sexual saat berdekatan dengan objek tertentu yang melekat pada tubuh orang yang disukainya. Misalnya: stocking atau pakaian dalam. *eh, kakeknya ranma termasuk ini kali yax, khan doyan nyuri daleman orang laen, hax2!*

5. transvetic fetihisme: penderita mengalami kenikmatan sexual saat mengenakan pakaian lawan jenisnya, misalnya saat mengenakan pakaian dalam lawan jenisnya. *btw, ma dulu pernah baca komik super aneh yang tokoh cowoknya make celana dalem cewek, mana yang cowok digambar di pipinya ada garis2 kesengsem pula, huwoh... najong jadinya*

6. sexual sadisme: pelaku mendapatkan kenikmatan sexual saat menyiksa pasangannya, entah dengan mencambuk, mencekik, mencakar dsb. *berdasarkan kupingan dari omongan temen2 cowok saya, kayanya ini sering ada di pilem bokep, hax2!*
7. masokis: kebalikan dari sexual sadisme, pelaku malah mendapatkan kenikmatan sexual saat dirinya tersakiti. *oya, ma dulu pernah baca komik hentai dimana tokoh2nya pake bilang ”dia s” atau ”dia m”, awalnya ma ga ngerti, tapi setelah dapet blok ini, kayanya ”m” itu maksudnya masokis nd ”s” itu maksudnya sadisme, betul ga? Hehehe...*

8. scatologia: sebutan untuk orang yang mendapat kenikmatan sexual saat berbicara mesum di telepon

9. urophilia: rada najong sih, alna ni penderita ngalamin kenikmatan sexual saat ngencingin atau dikencingin partner sexualnya *hiiiiiy...*

10. scopophilia: lebih jijik lagi, ni penderita ngalamin kenikmatan sexual saat ngebokerin atau dibokerin partner sexualnya *huwweeeex... sebenernya ma ga percaya si, cuman salah satu temen cowok di sgd ma yang bernama s***a pernah nonton bokep yang maem feses, gilaaaaaaaa!!!!*

demikianlah rubrik medical art kali ini, dimaklumin ya Cuma dikit, khan konsisten sama otak saya yang Cuma seiprit *hax2!* Inget kasi komen guyz! Komen terbaek bakal dapet voucher menginap loh! Menginap bersama orang exhibisionis di love hotel *puahahaahaha....ada yang minat?*
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

10 Response to "PSIKIATRI: KETIKA MAHASISWA SAKIT JIWA BELAJAR KEJIWAAN"

  1. kebookyut says:
    15 Agustus 2010 06.04

    hoehoehoe.. uda lewat ini mah...^^

  2. ayumi says:
    15 Agustus 2010 10.42

    niat banget uiii ^_^

  3. Smiley Cupid says:
    21 Agustus 2010 00.00

    Nice Blog! ^_^
    Follow back yaa ^_^

  4. Karta Sawenda says:
    24 Agustus 2010 07.51

    nice2.....tp kurang 1 keknya, kalo BB jg bisa menyebabkan autisme saat dewasa

  5. ciptanirmala says:
    1 September 2010 03.06

    @veda: uda lewat tapi osce ma remed, hax2! tapi medical art mank ma isi pake blok yang uda kita dapet, he2!
    @ayuwx: biar rubrik medical art ma keisi, he2!
    @smiley cupid: kembaran ayuwx ni yey, haik2...
    @karta: paan bb? blek benyah? he...

  6. Ai Shuma says:
    1 Oktober 2012 05.51

    keren banget...!!! :D
    emm., tambahan, stauku kalo yg namanya eksibisionis itu bukan cuma cowok yg suka pamerin dick, tp org2 yang suka tubuhnya diliat., cewek ada yg suka diintip., hehe.., klo gak slh gt sih.., :P

  7. ciptanirmala says:
    1 Oktober 2012 06.58

    mbuahahhaa... langsung deh yang dibuka postingan yang ini, ho2!

  8. Ai Shuma says:
    2 Oktober 2012 10.11

    hehehe.., kan tak bilang itu komen yg trtunda.. :P

  9. ciptanirmala says:
    4 Oktober 2012 05.48

    hehhee, but sankyuu...

  10. Anonim Says:
    18 Februari 2014 03.23

    wah..saya suka bgt tuh nunjukin titit

Poskan Komentar

blog ini memiliki kutukan, jika anda tidak memberikan komentar setelah membaca blog ini, maka anda akan mengalami sembelit 7 turunan... makanya komen yax! *fufufu... tertawa licik*