SKEPTIS X AGAMAIS



hell yeaaah, setelah sekian lama ga ngeblog, akhirnya ma mutusin buat bikin rubrik baru. quick update. jadi ma bakal nulis sesuka hati secara cepat, tepat dan pake pantat #loh?

ini terinspirasi dari beberapa bloger yang ma liat meski mereka sibuk, mereka tetep bisa posting dan ma mikir, kenapa ma ga pernah posting? ma emang sibuk,  tapi ma khan blogger juga,  apalagi ni blog sebenernya punya banyak secret admirer  #baca: orang2 yang suka blog ini tapi males ngaku ketika tahu penulisnya gw, hax2!

kenapa ma milih judul skeptis X agamais? gw juga ga ngerti sih. kayanya keren nd sangar aja gitu, #dilempar teletubies. okeh, jadi ma sekarang lagi tugas di lab psikiatri. awalnya sih ma mikir di lab ini bakal seneng, bisa ngetawain orang gila nd happily ever afterlah... in fact, di antara banyak lab yang udah ma lewatin, ma malah paling ngerasa ga nyaman sama pasien psikiatri. why oh why? ini berawal dari sebagian besar pasien psikiatri yang setiap ditanya keluhan selalu bilang "saya mendengar suara2 kalau sebenernya sakit saya karena disantet", atau "saya sebenarnya adalah orang suci, saya sering kerasukan karena saya disukai Tuhan", atau "saya melihat bayangan hitam, dan itu adalah selingkuhan suami saya yang membunuh anak saya". that's all. honestly, ma ga percaya sama hal-hal gaib atau orang2 yang ngaku dirinya punya kekuatan supranatural. bukan bermaksud melecehkan, but this is my opinion...

ma adalah penganut sebuah agama yang sering banget ada upacara agamanya. nah, agama ma bukanlah agama yang buruk. ma yakin. tapi beberapa penganutnya entah napa menurut ma kadang terlalu berlebihan. misalnya neh, saat upacara, tiba2 ada orang yang "kerasukan" tiba2 nangis ga jelas nd mengatakan banyak hal, mulai dari bilang sesajen ini kurang, si anu punya salah sama leluhur itu, upacaranya kurang ini itu. nd the worst problem is... hampir semua orang di desa ma percaya. kecuali keluarga kecil ma...

yang ma rasaen, tu orang cuman pura2 kesurupan, cuman pura2 nangis, logat ngomongnya ga beda2 jaoh sama logat ngomongnya sehari-hari, cuman beda ada sesenggukan nangis aja sih, hoh... dari situ ma ga percaya sama yang namanya orang yang ngaku2 berkaitan sama hal2 gaib. itulah kenapa ma agak skeptis di lab ini. it's okay, mungkin beberapa di antara kalian mikir "kamu seorang calon dokter, kamu harusnya bisa mengerti perasaan pasien". okeh, gw coba. gw udah coba ngobrol *fyi, bahkan sambil nyuapin pasien*...

px: kamu dokter muda ya, namanya siapa?
gw: hima. *jujur gw males ramah, takut pasiennya ketagihan nempel sama gw, hax2!*
px: tadi dari jauh keliatan jelek ya, tapi dari deket ternyata cantik
gw: *hakjleb* semua cewek itu cantik kok bu... *sok bijak pasca tertohok*
px: tapi saya ga cantik, makanya suami saya ninggalin saya, selingkuh sama cewe laen *mulai sesenggukan*
gw: *panic but stay cool* ya ga usah dipikir bu, khan masih ada saudara ibu yang masih sayang sama ibu, masih jagain ibu di sini...
px:  kemaren mereka sudah jagain saya, tapi selingkuhan suami saya dateng dari pintu itu, bilang mau bunuh anak saya *tatapan dendam orang skizofrenia*
gw: *cool outside panic inside* ya, yang penting ibu doa aja, ibu udah doa khan?
px: udah, saya udah tri sandhya tiga kali *masih, tatapan dendam orang skizofrenia*
gw: *mulai kehabisan ide* ibu yakin dunk, kalo orang udah rajin doa pasti ga bakal diganggu hal-hal buruk, kalo ibu rajin doa, bayangan buruk pasti ga bakal dateng...
px: kemaren saya udah doa, tapi bayangannya tetep dateng. gimana dokter bisa buktiin? *tatapan mengancam*
gw: *nyengir kudanil, mulai takut, diem tanpa sempak*

nah, ma udah berusaha buat ngertiin tu pasien. ngasi obrolan yang [sok] empati tapi lihat apa yang terjadi? sama pasien psikiatri ide ma terbunuh oleh tatapannya yang menakutkan, tatapan khas orang skizofrenia paranoid [orang yang punya keyakinan tak terbantahkan kalau orang di sekitarnya ingin menyakitinya;waham curiga, red]. dari situ ma ma mulai males sama pasien psikitari. ada juga yang tereak2 kaya keseurupan, kita datengin, mendadak hilang. kita tinggal ke ruang istirahan eh kumat lagi. kita datengin ilang lagi. so yang kita lakuin cuman bolak-balik. beda banget sama pasien di lab laen. ngeluh nyeri. suntik ketorolac. pulang nyengir kuda. ma nyengir janda #loh?

yaaah, intinya ma emang sering skeptis aja sih sama hal-hal gaib. misalnya ada temen ma yang rajin banget wara-wiri sembahyang tapi malah ngomong "tu jalan baru pernah dipake kebut2an, ada yang pernah mati ketabrak, katanya sih tu jalan baru minta tumbal ma. jangan lewat situ deh." trus apa yang ma lakuin? berhubung dari tempat beli bensin ke kos lebih deket lewat situ, yaudah meski malem ya ma cuek aja lewat situ. #sumpah cuek banget

postingan ini ma bikin karena ma lagi ngerasa skeptis aja sih sama hal2 yang ga bisa dibuktiin secara ilmiah. intinya, kalo kamu emang orang yang percaya Tuhan, kenapa harus ditunjukkin hanya dengan "terlihat" sering  sembahyang? bukannya menunjukkan dengan "kamu pasti bisa melawan hal-hal negatif?" that's what i mean... #gila, gw keren ya? ngahaahha...

god has no religion {mahatma gandhi]
aku percaya Tuhan ada dimana-mana, bahkan di dalam hati kita. perlukah kita mengatakan orang tidak beriman, jika kita tidak pernah melihatnya pergi ke tempat sembahyang? [ciptanirmala~himajinasi himangel]
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

14 Response to "SKEPTIS X AGAMAIS"

  1. Aep Hermawan says:
    18 April 2012 17.54

    keyenz. sebenarnya aku juga ada cerita tentang teman yang punya agama tapi dia ga percaya tuhan. dia jujur banget dan bilang kalo tuhan itu ga ada dan agama itu adalah sampah. yang dia percaya tentang kehidupan itu adalah sebuah siklus rutin yang terus terjadi. dan tentang kematian dia bilang kalo itu adalah keharusan, dan surga neraka adalah ga ada. itu cuma imajinasi manusia aja, itu kata dia. itu ngebuat aku terkejut, loh kok temen aku sih kaya gitu #aneh - gak normal. that's my story :(

  2. ciptanirmala says:
    19 April 2012 03.24

    saya bukan atheis tapi agonis... percaya Tuhan tapi ga percaya sama orang yang sok fanatik, hehe..

  3. Aep Hermawan says:
    19 April 2012 03.27

    iya aku bukan bermaksud ngejudge kamu, itu cuma cerita aku aja. kamu agamanya hindu?

  4. ciptanirmala says:
    19 April 2012 19.40

    yoa

  5. Arif Zunaidi Riu Aj says:
    19 April 2012 20.29

    kunjungan balik. izin follow blognya ya.... thanks

  6. alyuwono says:
    20 April 2012 05.17

    Wah, baru baca aku ni. Ternyata tampilannya bagus. Ceritanya jg cukup oke. Yah, tergantung tema hima lah, ohoho. Sip sip

  7. Yanuar Kurniawan says:
    25 April 2012 21.16

    postingan yang keren. Emang agak rumit kalo udah ngomongin soal agama. Kalo gue sih lebih ke hubungan sama tuhan aja kali ya. Btw yang kamu ajak ngomong orang gila kan itu, ada gangguan jiwa, kena wadam, so jangan terlalu ditanggepin serius :)

  8. ciptanirmala says:
    28 April 2012 23.22

    @alyuwono: thx kak...
    @yanuar: tapi yang pura2 kesurupan itu bukan orang gila, yaah maksudnya orang yang sakit jiwa tu biasanya karena lemah nerima kenyataan so mestinya kita percaya kalo kita rajin doa, ya mesti percaya juga kalo hal negatif bisa kita lawan...

  9. Feby Oktarista Andriawan says:
    4 Mei 2012 12.50

    Ini postingan gw ketawa pas conversation tapi entah kenapa gw merinding setelahitu, unik.. :D
    Yang jelas sih menurut gw, kehidupan dunia lain itu emang ada. Selagi kita gak mengganggu, mereka yang di dunia lain itu juga gak akan mengganggu. Dan setiap doa itu pasti terkabul, tp kapan itu hanya tuhan yang tau.

  10. suok begete says:
    9 Mei 2012 03.11

    nice blog..
    :)
    agama tu menurut cang adalah ajaran supaya kita bisa berbuat baik kepada semua makhluk ciptaanNya. Tuhan adalah seseorang atau sesuatu (bukan syahrini) yang diceritakan supaya ada yang kita panuti atau takuti.
    dan hal-hal gaib disampingnya cuma side story, kalo di anime namanya filler..
    xp
    aq ngedat aja sembahyang ga ngeliat Tuhan, apa lagi ngidem, gitulah kalo mau nyampah..xp

  11. ciptanirmala says:
    10 Mei 2012 08.21

    @feby: hax2! sankyuu... yeph2 mungkin alam lain dihuni alien, namanya keroro jonggrang, ngahahhaa... #apadeh banget
    @suok begete:ngahahhahaa sumpah komenmu paling yahud! kalau bukan sesuatunya syahrini berarto sesuatunya syahrimin ya? hax2!

  12. suok begete says:
    11 Mei 2012 01.21

    mana lebih baik ma??
    ReligiOn
    atau
    ReligiOff??
    tinggal mencet saklar ja neee..xp

  13. ciptanirmala says:
    11 Mei 2012 08.47

    nyanyi aja yook...
    reli reli want youuu never never leave youuu...
    cebok cebok cebookkkk, hax hax hax, hohoho...

  14. Scarleth says:
    17 Mei 2012 06.20

    itu mungkin karena dirimu tidak sepenuhnya mengerti akan agamamu sendiri.
    #maaf, cuma berusaha bwt ngerti, hehehe..

Poskan Komentar

blog ini memiliki kutukan, jika anda tidak memberikan komentar setelah membaca blog ini, maka anda akan mengalami sembelit 7 turunan... makanya komen yax! *fufufu... tertawa licik*